Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Melakukan Kunjungan dan Silaturami Bersama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Informatika Di Jakarta

Cakralink.com – Pada hari Kamis, 09 Desember 2021 bertempat di Jakarta,  Rektor UIN  Suska Riau, Prof. Dr. Hairunnas Rajab bersama Ketua LSP Informatika Bpk Dr. Muhaemin melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama Sertifikasi Kompetensi antara UIN Suska Riau dengan LSP Informatika.

 

iklan

Selain itu, penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Suska Riau dengan LSP Informatika sebagai bentuk keberlanjutan Kerjasama yang sudah diawali sejak tahun 2015 juga dilakukan oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Bapak Dr. Hartono.

 

Acara ini dihadiri juga oleh ketua PTIPD ibu Prof Dr. Okfalisa, M.Sc sekaligus mewakili Pengelola Tempat Uji Kompetensi (TUK) Human Resource Competency (HRC) FST UIN Suska Riau, Kabag Kerjasam Ibu FitriYenti dan kabag Humas Ibu jasnida. Pihak LSP dihadiri oleh sekretaris LSP, Bapak Albar Rubhasy, St, M.Ti dan bpk Dr. Farisha Setiadi, ST, M.Ti.

 

 

Kerjasama antara TUK HRC FST Uin Suska Riau bersama LSP Informatika sudah diinisialisasi sejak tahun 2015 dibawah bimbingan Fakultas Sain dan Teknologi. Lembaga ini bersama TUK HRC telah berhasil mensertifikasi tenaga kerja muda di Propinsi Riau dengan melibatkan berbagai Universitas Negeri dan Swasta lainnya yang ada di Riau, seperti Politeknik Bengkalis, Universitas Kuantan Singingi (UNIKS), Universitas Riau, Politeknik Caltex Riau (PCR), Universitas Islam Riau (UIR), STMIK AMIK, Universitas Pahlawan, dll. Diakhir November 2021 TUK HRS FST Uin Suska Riau bekerjasama dengan APTIKOM Propinsi Riau juga telah berhasil melakukan kegiatan sertifikasi kompetensi bidang Enterprise Arsitektur sebagai pendukung pemenuhan kebutuhan sumber daya berkompetensi untuk kegiatan Projek Grad Design Riau Digital di Propinsi Riau. Beberapa Kerjasama lainnya juga dilakukan dengan pemerintahan kota Propinsi Riau dalam penyediaan komptensi sumber daya tenaga kerja di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui berbagai Skema diantaranya adalah Programming, Network Administrator, Web Design, IT Projek Menejer, Enterprise Arsitektur, IT Audit, Database, Office, dan berbagai skema lainnya yang menyesuaikan dengan kebutuhan IT Skill.

 

Sertifikat yang dikeluarkan oleh TUK HRC FST Uin Suska Riau dengan berkerjasama dengan LSP Informatika adalah sertifikat yang dikeluarkan langsung oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi Indonesia (BNSP) dengan lambing resmi Burung Garuda. Sertifikat ini berlaku secara nasional maupun internasional yang dapat digunakan sebagai Sertifikat pendamping Ijazah.  Bagi perusahaan / tempat kerja, Sertifikat ini mampu meningkatkan sumber daya manusia yang berdaya saing, terampil dan termotivasi baik secara soft skill maupun hard skil, Mengurangi kesalahan kerja. Memudahkan dalam penerimaan karyawan, Meningkatkan produktivitas dan mutu pelayanan pelanggan, serta menunjukkan komitmen terhadap standar kualitas kerja karyawan.

 

Bagi pencari kerja, sertifikat ini menjadi bukti bahwa kompetensi yang dimiliki telah diakui secara Internasional, Mempunyai parameter yang jelas akan adanya keahlian dan pengetahuan yang dimiliki, Kredibilitas dan kepercayaan dirinya akan meningkat, Bertambahnya nilai jual kompetensi diri dalam rekrutmen tenaga kerja, dan Memiliki kesempatan berkarir yang lebih besar.

 

 

Sedangkan bagi professional yang sudah bekerja, sertifikat ini dapat meningkatkan profesionalitas dalam pekerjaan, memiliki kesempatan yang lebih baik dalam jenjang karir dan promosi posisi/jabatan, dan meningkatkan pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki.

 

“Kerjasama ini akan memberikan kontribusi positif bagi kedua pihak. Melalui sertifikasi kompetensi dibidang informatika maka UIN Suska Riau dapat menjaga kualitas dan mutu mahasiswa, dosen, dan menjadi nilai tambah dalam meniingkatkan nilai akreditasi insititusi, maupun program studi” ungkap mega.

iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kirim Pesan
Terima kasih atas kunjungnya pada website kami.