KOTI PP Riau Terima SK Pada Live Talk Show Peringatan Hari Lahir Pancasila

Pekanbaru – Cakralink.com – Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni, Bidang Informasi, Komunikasi, dan Media Massa MPW Pemuda Pancasila Provinsi Riau bersama Pimpinan Wilayah Badan Siber & Informasi Pemuda Pancasila Provinsi Riau, mengadakan Live Talk Show dan Launching Website Official Pemuda Pancasila Provinsi Riau sekaligus penyerahan SK Kepengurusan Komando Inti (KOTI) Mahatidana Provinsi Riau oleh Sekretaris MPW PP Riau Victor Yonathan, SH, M.Kn (1/6/2022).

 

iklan

Adapun Struktur Susunan Pengurus Komando Inti ( KOTI ) Mahatidana Pemuda Pancasila Provinsi Riau Sebagai Berikut :
Komandan : Buyung Achmad, SH, MH
Wakil Komandan : Indra Wahyudi, SH
Komandan Detasemen Markas Wilayah : Jhoni Andrianto Damanik, SH, MH
Asisten I Operasi : Tengku Waluyo Adi
Asisten II Personalia dan Perencanaan : Muhammad Yusuf Pane, SH, MH
Asisten III Pelatihan dan Pengembangan Potensi : Budi Wacono
Asisten IV Informasi dan Hubungan Masyarakat : Muhammad Faisal
Asisten V Unit Satgas : Bujang Rapani, SH, MH

Kegiatan yang berlangsung secara hybrid (daring dan luring), bertempat di Sekretariat MPW Pemuda Pancasila Provinsi Riau, Jl. Ronggo Warsito No. 56 dan secara daring melalui saluran YouTube Live Badan Siber dan Informasi Pemuda Pancasila Riau.

Acara dihadiri oleh Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Riau secara virtual, hadir langsung Wakil Ketua Kiki DW, Sekretaris Victor Yonathan, SH, M.Kn, Wakil Bendahara, Gora Hutahean, Ketua Bidang Informasi, Komunikasi, dan Media Massa, Rissandro Dian Pratama, Ketua Bidang OK, Rahmad Rishadi Sinaga, Wakil Sekretaris Bidang Informasi, Komunikasi, dan Media Massa, Tiganov Samani Arba, Wakil Sekretaris Bidang OK, Feri, SH, dan Ketua-ketua badan dan lembaga beserta jajaran.

Sebelum penyerahan SK, acara ini diawali dengan Live Talk Show di Facebook dan YouTube Badan Siber & Informasi Pemuda Pancasila Riau yang mengusung tema “Membumikan Pancasila dari Ruang-ruang Siber” adalah sebuah bentuk literasi nilai-nilai Falsafah Pancasila melalui pemanfaatan teknologi dan ruang siber ini dibawakan oleh moderator, Dr. Desy Mardianty, S.E., M.M., Kabid Pemberdayaan Perempuan MPW Pemuda Pancasila Riau, dengan narasumber Dr. Rendi Prayuda, S.IP., M. Si., Dosen HI FISIPOL UIR, dan Irvannanda, S.Kom., CySA+, Ketua PW Badan Siber & Informasi Pemuda Pancasila Provinsi Riau.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Wakil Ketua IV MPW Pemuda Pancasila Provinsi Riau, Kiki DW.

“Saya Kiki DW, Wakil Ketua IV, pada kesempatan ini mewakili Ketua MPW PP Riau mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Bidang Infokom dan Badan Siber, dan seluruh keluarga besar MPW Pemuda Pancasila Riau yang telah bersama dalam mensukseskan acara kita ini. Kemudian kami harapkan pula Bidang-bidang lainnya dan Badan serta Lembaga di MPW Pemuda Pancasila Provinsi Riau kedepannya juga dapat mengadakan kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya. Semoga dengan kegiatan-kegiatan seperti ini selain memberikan pengetahuan juga mempererat silaturahim dan rasa kekeluargaan kita di Pemuda Pancasila khususnya.” ujar Kiki dalam sambutannya.

Salah satu narasumber acara ini menyebutkan bahwa “Pancasila itu tidak lekang oleh waktu, karena Pancasila adalah ideologi universal, dia adalah staats fundamental norm, norma hakikat dasar berdirinya sebuah negara”, ujar Doktor Rendi saat talkshow.

“Maka pada momentum peringatan hari lahir Pancasila ini, mengingatkan kembali kepada kita, menguatkan kembali bahwa Pancasila tidak pernah berbenturan dengan agama atau suku manapun, jika dia berbenturan maka tidak akan mungkin tokoh dari berbagai agama dan golongan ada dalam perumusan Pancasila”, ungkapnya.

Sedangkan Azwir Irvannanda selaku Ketua PW Badan Siber & Informasi Provinsi Riau yang juga menjadi salah satu narasumber acara ini menekankan di era disupsi teknologi saat ini Pancasila seharusnya sebagai pedoman dan benteng dari kehidupan masyarakat, baik berkomunikasi, interaksi, dan beraktifitas dalam kehidupan nyata dan di dunia siber.

“Di era disrupsi teknologi saat ini, mendorong peradaban berubah drastis sesuai perkembangan teknologi yang tidak terhindarkan, untuk menanggapinya kita harus melihat peluang di sana, dan menjadikan Pancasila sebagai dua aspek, yaitu sebagai pedoman dan sebagai benteng/filter”, papar Irvan.

“Teknologi seharusnya dapat dimanfaatkan sebagai perangkat pendukung dalam membumikan, nilai-nilai luhur Pancasila sebagai falsafah hidup, seperti dengan literasi, kegiatan-kegiatan edukasi Pancasila baik di keluarga, organisasi, perusahaan, dan masyarakat. Seperti contohnya kegiatan yang saat ini kita lakukan”, tambah Irvan.

Setelah talk show selesai dilanjutkan dengan Penyerahan SK Pengurus Komando Inti Mahatidana Pemuda Pancasila Provinsi Riau bersama Badan Pengusaha Pemuda Pancasila Provinsi Riau dan launching website official Pemuda Pancasila Provinsi Riau dengan simbolis pemotongan tumpeng oleh Sekretaris MPW PP Provinsi Riau, Victor Yonathan, SH, M.Kn.

“Bismillahirahmanirrahim, dengan ini kami launching website official MPW Pemuda Pancasila Riau”, ujar Victor sembari memotong tumpeng.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB tersebut berlangsung lancar dan diikuti secara terbuka melalui online saluran YouTube. Badan Siber dan Informasi bersama Bidang Infokom MPW Pemuda Pancasila Riau akan terus mengembangkan program-program inovatif demi menunjang kinerja MPW Pemuda Pancasila Riau.

Liputan : Bambang Irawan
Editor : DBA

iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kirim Pesan
Terima kasih atas kunjungnya pada website kami.