google.com, pub-5336422578016180, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Berita  

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau Adakan Kuliah Umum dengan Tema “Peranan Internet of Things (IoT) dalam Pengembangan Teknologi Cerdas”

CAKRALINK – Dalam menyambut semester ganjil tahun akademik 2022/2023, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, adakan Kuliah Umum dengan tema “Peranan Internet of Things (IoT) dalam Pengembangan Teknologi Cerdas”. Yang dilaksanakan secara hybrid yakni online di zoom meeting dan streaming youtube Media-SI serta offline di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa UIN Suska Riau, pada tanggal 6 September 2022.

 

 

Dalam acara ini tampak dihadiri oleh Wakil Rektor I UIN Suska Riau bidang akademik dan pengembangan lembaga Prof. Dr. Hj. Helmiati, S.Ag., M.Ag., Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau Dr. Hartono, M.Pd., beserta Wakil Dekan 1, 2 dan 3. Ketua Program Studi serta para Dosen se-lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi.

 

Dengan mengangkat tema “Peranan Internet of Things (IoT) dalam Pengembangan Teknologi Cerdas” Eki Saputra selaku ketua program studi Sistem Informasi sekaligus ketua pelaksana, dalam sambutannya memaparkan, karena pentingnya IoT di semua lini kehidupan masyarakat saat ini, dan juga di fakultas sains dan teknologi di bawah pimpinan WD 1 yang sedang merampungkan proposal untuk program S2 pascasarjana, yang mana IoT ini merupakan pemilik peminat terbanyak di program studi teknik elektro maka tema ini diangkat dalam acara kuliah umum kali ini.

 

 

Acara ini memiliki manfaat sebagai pembekalan kepada mahasiswa yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi, mengingat zaman sekarang internet of things sangat dibutuhkan di dalam berbagai aspek  serta hal ini juga dibutuhkan mahasiswa dalam melakukan penelitian nantinya.

 

Dengan mendatangkan dua narasumber yang berkompeten, yakni Prof. Dr. Maman Abdurohman, S.T., M.T., yang juga merupakan ketua senat fakultas informatika Universitas Telkom. Dalam kesempatannya, beliau menyampaikan ada beberapa domain aplikasi IoT, yaitu

  1. Industrial Internet of Things (IIoT)
  2. The Internet of Medical Things (TIoMT)

 

Pada kesempatan berikutnya, narasumber kedua yakni Farianto, S.T., M.T yang merupakan IoT Architect  & Technology Incubation X-Camp IoT Lab, PT XL Axiata,  menyampaikan bahwa “IoT adalah salah satu key technology di industri 4.0 dan masih memiliki potensi kedepannya untuk terus berkembang jika dilihat dari berbagai riset dan teknologi yang ada. Dan tentunya banyak tantangan dalam IoT development terutama untuk kebutuhan bisnis”.

 

 

Dilain kesempatan, Wakil Rektor I UIN Suska Riau bidang akademik dan pengembangan lembaga Prof. Dr. Hj. Helmiati, S.Ag., M.Ag., berharap agar mahasiswa dapat berkembang dan merubah diri menjadi lebih baik. Karena dengan tantangan zaman yang ada di era global saat ini yang menuntut kita semua untuk memiliki keunggulan dan daya saing yang tinggi.

 

 

Diikuti oleh kurang lebih 450 Mahasiswa, tampak mereka sangat antusias dalam mengikuti acara ini, terlihat dari semangat mereka ketika memberikan pertanyaan kepada narasumber pada sesi tanya jawab.  Dengan terselenggaranya acara ini, diharapkan para mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diberikan oleh kedua narasumber, serta dapat menghasilkan karya-karya yang berdampak positif bagi masyarakat luas serta menjadikan diri yang unggul di tengah tuntutan zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kirim Pesan
Terima kasih atas kunjungnya pada website kami.