Banjir Bandang di Kota Batu, Korban Meninggal Bertambah Jadi 2 Orang

  • Share
banner 468x60

JAWA TIMUR ( Cakralink.com) – Jumlah korban jiwa akibat banjir bandang yang menerjangan Kota Batu, Jawa Timur (Jatim) bertambah menjadi dua orang. Sementara enam orang masih dinyatakan hulang dan lima orang ditemukan dalam kondisi selamat.

 

banner 336x280

Data laporan yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu hingga Jumat (5/11/2021) pukul 06.00 WIB, jumlah korban jiwa meninggal dunia menjadi menjadi dua orang setelah tim gabungan menemukan lagi satu korban yang tewas terseret arus banjir bandang tersebut.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari dalam keterangannya yang dikutip dari Beritasatu.com, Jumat pagi mengatakan, akibat bencana banjir bandang tersebut tercatat 17 unit rumah rusak, 28 sepeda motor rusak, 3 unit mobil rusak, 8 ekor hewan ternak hanyut terseret derasnya arus sungai dan 6 kandang hewan ternak rusak berat.

 

“Hingga pagi ini, tim gabungan dari BPBD Kota Batu, Basarnas, PMI, TNI, Polri dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait terus melakukan proses upaya percepatan penanganan bencana banjir bandang yang difokuskan dalam pencarian pertolongan dan pembersihan sisa material lumpur juga puing-puing lainnya,” ujar Abdul Muhari.

 

Tim gabungan lainnya, tambah Abdul Muhari, juga telah mengupayakan tempat pengungsian berikut distribusi logistik bagi para warga terdampak banjir bandang. Adapun kondisi cuaca di lokasi dilaporkan cerah berawan.

 

Banjir bandang menerjang Kota Batu pada Kamis siang sekitar pukul 14.00 WIB. Banjir bandang terjadi setelah terjadi hujan sanngat deras pada Kamis.

 

Berdasarkan laporan sementara BPBD Kota Batu, arus sungai anak Sungai Brantas yang melintas di Desa Sumber Brantas, mengalir sangat deras dengan membawa material lumpur, batu dan potongan kayu/pohon.

 

Banjir bandang tersebut menyebabkan enam wilayah di Kota Batu yang terdampak. Enam wilayah itu adalah Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Jalan Raya Dieng, Desa Sidomulyo, kecamatan Batu, dan Dusun Beru, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji.

 

Kemudian, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo, Kecamatan Batu dan Dusun Gemulo, Desa Punten Kecamatan Bumiaji.

 

Sumber : Riauaktual

 

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *