5 Manfaat Air Kelapa Muda dan Kandungan Penting di Dalamnya

  • Share
banner 468x60

( Cakralink.com) – Tentunya anda semua sudah tidak asing dengan buah yang satu ini, kelapa muda merupakan salah satu jenis buah-buahan yang selalu diidentikkan dengan pesisir pantai. Seakan kurang lengkap rasanya jika kita menikmati panorama pantai tanpa es kelapa muda yang menemani.

 

banner 336x280

Tahukah anda bahwa manfaat air kelapa muda sangatlah beragam bagi tubuh kita? Apa saja kandungan yang terdapat pada air kelapa muda?

 

Berikut adalah ulasan tentang  5 manfaat air kelapa muda dan kandungannya :

 

5 Manfaat Air Kelapa Muda

Bagi anda yang suka berolahraga minuman air kelapa muda menjadi solusi yang tepat, manfaat air kelapa muda adalah sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang selama melakukan olahraga.

 

Namun, perlu anda ketahui bahwa air kelapa muda memberikan manfaat bagi tubuh kita lebih dari itu, berikut adalah 5 manfaat air kelapa muda yang perlu anda ketahui:

 

  1. Mengotrol tekanan darah

Menyadur pada West Indian Medical Journal, orang dengan tekanan darah tinggi yang mengonsumsi air kelapa dapat secara signifikan meningkatkan tekanan darah sistolik pada 71% peserta.

 

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Perlu anda ketahui bahwa beberapa nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niacin, thiamin dan pyridoxine, dan folates, serta memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan melawan infeksi virus seperti flu.

 

  1. Memenuhi kebutuhan kulit

Kandungan sitokinin yang ada pada air kelapa muda memilki efek anti-aging pada tubuh kita, Anda dapat membuat pasta pembersih kulit dengan menambahkan dua sendok teh bubuk cendana ke dalam air kelapa. Oleskan pasta ini pada kulit Anda dan biarkan mengering. Kemudian bilas dengan sedikit air. Lakukan ini tiga kali seminggu untuk mendapatkan kulit awet muda.

 

  1. Antioksidan tinggi

Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan adalah sebuah kandungan yang terdapat pada beberapa jenis buah, yang berfungsi sebagai pelindung sel-sel dalam tubuh anda yang rusak akibat paparan radiikal bebas. Manfaat air kelapa muda yang selanjutnya adalah sebagai penyedia antioksidan bagi tubuh kita.

 

  1. Obat sakit kepala

Mengutip pada salah satu jurnal yang pernah dikeluakran oleh BMC Public Health sakit kepala meruapakan gejala yang muncul ketika seseorang mengalami dehidrasi.

 

Family Practice sempat menerbitkan penelitian yang dilakukan pada 393 orang. Hasilnya, ditemukan bahwa 40% partisipan dalam penelitian tersebut mengalami sakit kepala akibat dehidrasi.

 

Rutin mengkonsumsi air kelapa setiap harinya terbukti mampu mengurangi hal tersebut secara signifikan.

 

Kandungan pada air kelapa muda Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa manfaat air kelapa muda bagi tubuh kita sangatlah berlimpah, tentunya hal tersebut terjadi karena banyaknya kandungan nutrisi di dalam-nya. Berikut adalah kandungan pada air kelapa muda (250ml) yang perlu anda ketahui:

 

Kalori: 45,6

Lemak: 0,4 gram

Kolesterol: 0

Natrium: 252 mg atau 11% dari kebutuhan harian tubuh

Kalium: 600 mg atau 17% dari kebutuhan harian tubuh

Karbohidrat: 8,8 gram atau 3% dari kebutuhan harian tubuh

Serat: 2,6 gram

Gula: 6,3 gram

Protein: 1,8 gram

Vitamin C: 10% dari kebutuhan harian tubuh

Kalsium: 6% dari kebutuhan harian tubuh

Zat besi: 4% dari kebutuhan harian tubuh

 

Demikian adalah ulasan tentang  5 manfaat air kelapa muda bagi kesehatan tubuh kita dan kandungannya.

 

Sumber : Suara.com

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *